Senin, 26 Juli 2010

Wanita Masa Depan Lebih Subur di Usia 40-an Tahun



img
Ilustrasi (healthplusclinics)

Sheffield, Inggris, Seorang wanita dianjurkan hamil sebelum usia 35 tahun karena bila melebihi usia tersebut kehamilan akan sangat berisiko. Tapi studi terbaru menunjukkan bahwa wanita di masa depan akan lebih subur pada usia 40-an tahun.

Penelitian oleh ilmuwan University of Sheffield, Inggris menemukan usia terbaik untuk melahirkan akan terus berkembang dengan berjalannya waktu.

"Seleksi alam yang membuat wanita subur di usia muda mungkin akan melemah seiring waktu, serta kekuatan relatif dari seleksi alam di masa lalu (yang diturunkan dari orangtua) dapat meningkatkan kesuburan di usia tua, sesuatu yang berpotensi mengarah pada peningkatan kesuburan selama beberapa generasi," jelas Duncan Gillespie dari Departemen Hewan dan Ilmu Tanaman di Universitas of Sheffield, seperti dilansir dari FoxNews, Selasa (27/7/2010).

Ketika banyak wanita menunggu usia lebih tua untuk melahirkan maka hanya wanita yang memiliki gen kesuburan yang baik akan berhasil. Itu berarti rata-rata panjang kesuburan akan bertambah dan gen kesuburan tersebut akan diteruskan kepada anak-anaknya.

Penelitian dilakukan dengan mengamati pola-pola pernikahan 1.591 wanita dan menggunakan catatan dari Finlandia dari abad ke-18 sampai abad ke-19.

Peneliti menemukan bahwa di masa lalu wanita lebih mungkin menikah antara usia 30 dan 35 tahun karena sering tidak memiliki kesempatan untuk melakukannya pada usia tua.

Tapi menurut Gillespie, wanita sekarang tidak ingin melahirkan pada usia muda karena banyak wanita yang menunda pernikahan hingga usia yang tergolong lebih tua.

"Sekarang, banyak orang yang menunda menikah dan memulai keluarga pada usia yang lebih tua. Akibatnya, ini bisa menyebabkan perkembangan evolusi di masa depan, yaitu kesuburan akan terjadi pada wanita usia yang lebih tua, sekitar usia 40-an tahun," jelas Gillespie.

Merry Wahyuningsih - detikHealth

Label: , , ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda