Jumat, 16 Juli 2010

Benarkah Teh Menyerap Mineral?



Teh Menyerap Mineral?
Foto: www.zastavki.com

Minum teh untuk sebagian orang sudah seperti gaya hidup yang tak boleh terlewatkan. Tidak hanya di pagi atau sore hari saja, teh terkadang juga disajikan hampir setiap hari dan setiap saat. Tapi benarkah teh dapat menyerap vitamin dan mineral yang seharusnya baik untuk tubuh?

Minum teh seringkali dilakukan saat pagi sebagai teman sarapan ataupun sore hari sebagai selingan ringan. Tapi tak sedikit orang yang sudah 'kecanduan' sehingga meminum teh setiap hari setiap saat. Teh memang baik untuk dikonsumsi, kandungan polyphenol nya merupakan antioksidan yang menangkal radikal bebas dari udara.

Antioksidan ini menjaga tubuh kita dari senyawa berbahaya yang terbawa masuk ke dalam tubuh. Fungsi dari polyphenol ini adalah 'mengikat' radikal bebas dan mencegah mereka-radikal bebas- melakukan penyerapan di dalam usus.

Sayangnya, tanin (antioksidan dalam teh) juga bisa mengikat dan menyerap beberapa mineral yang masuk dalam tubuh dengan sangat mudah dan cepat. Beberapa mineral itu diantaranya seperti zat besi, kalsium, dan juga zinc sehingga kadar mineral tersebut menurun dari tingakatan yang seharusnya.

Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya Anda mengkonsumsi teh 30 menit setelah waktu makan Anda. Agar terdapat jeda waktu untuk tubuh Anda melakukan penyerapan terhadap sari-sari makanan yang Anda konsumsi. Anda juga dapat meningkatkan penyerapan zat besi dengan mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin C melalui buah-buahan dan sayuran segar.

Sebaiknya jumlah teh yang Anda konsumsi setiap hari jangan berlebihan. Agar manfaat teh sendiri bisa Anda rasakan tanpa mempengaruhi asupan nutrisi dari makanan harian Anda.

Eka Septia Wulan - detikFood

Label: , ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda