Minggu, 01 Agustus 2010

Risiko Kanker Akibat Jarak Kelahiran

img
Dok. Thinkstock

Untuk kebanyakan orang, melahirkan buah hati dengan jarak kelahiran yang dekat akan membuat suasana rumah lebih nyaman dan ramai. Selain itu orang tua juga berpikir, anak pertama akan mempunyai teman bermain sehingga tidak lagi repot menjaganya.

Berdasarkan penelitian yang melibatkan 30.000 wanita (yang telah melahirkan lebih dari lima anak), ditemukan bahwa mereka yang melahirkan anak kedua dalam kurun waktu satu tahun yang sama dengan anak pertama, cenderung memiliki resiko tinggi terkena kanker payudara ketimbang wanita yang memiliki jarak melahirkan tiga tahun atau lebih.

Penelitian tersebut dilaporkan oleh British Journal of Cancer yang juga melibatkan penelitian di Finnish Cancer Registry dan pusat kanker lainnya. Josephine Querido, Senior Science Information Officer di Cancer Research UK, mengatakan "Wanita yang melahirkan dua anak pertama berdekatan tidak harus cemas dengan penemuan ini karena hasil penelitian belum tentu dialami oleh semua wanita. Oleh karena itu, penting untuk bagi para wanita untuk berkonsultasi jika mereka menemukan suatu perubahan yang tidak biasa pada payudara mereka dan pergilah melakukan screening jika diminta."

Maka hasil penelitian menunjukan jarak antara dua anak yang ideal adalah empat tahun. Hal ini didasari oleh hubungan kakak beradik dengan orang tua, persaingan saudara sekandung dan juga rasa percaya diri mereka. Anak berumur empat tahun sudah cukup puas menikmati perhatian dari ayah dan ibunya. Ditambah lagi pada umurnya, mereka sudah mempunyai kesibukan sendiri.

Eya Ekasari - wolipop

Label: ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda