Minggu, 15 Agustus 2010

Produk Halal Perancis Laris di Bulan Ramadan

Produk Halal Perancis Laris di Bulan Ramadan
Foto: Detikfood

Bulan Ramadan ternyata tidak hanya membawa berkah bagi seluruh umat muslim, melainkan juga dalam industri perdagangan Perancis. Selama bulan Ramadan berbagai produk makanan halal di toko dan supermarket laris manis diserbu pembeli.

Bulan suci Ramadan merupakan saat yang ditunggu-tunggu oleh kaum muslim di seluruh dunia, termasuk Perancis. Negara tersebut kini dikenal sebagai salah satu negara dengan penduduk muslim terbesar di Eropa, yaitu sekitar 5-6 juta warga muslim yang tersebar di seluruh penjuru Perancis.

Hal itu pula yang membuat sebagian besar jaringan supermarket di kota-kota Perancis tidak bisa menutup mata dengan datangnya Ramadan. Pasar untuk penjualan daging halal meningkat dengan tajam. Di Perancis peningkatan tersebut bernilai lebih dari 4 miliar euro per tahun dan dua kali lebih besar dari pasar produk organik. Akhir-akhir ini penjualan tersebut makin meningkat dengan pesat.

Mathias Michenaud seorang manajer di salah satu supermarket berujar, "Kami mengalami perubahan pelanggan dari market yang besar dimana mereka biasanya membeli bahan-bahan mentah untuk dimasak sendiri di rumah, kini berubah menjadi keluarga-keluarga kecil, dimana mereka bekerja dan berbagi dengan konsumen non muslim, sehingga membuatuhkan sesuatu yang mudah dibuat dan dipersiapkan dengan microwave."

Tidak hanya makanan halal yang tampaknya laris manis selama bulan Ramadan. Seorang penjual buku Mansour Mansour telah mengalami hampir sebanyak 3 kali perputaran modal selama bulan suci ini. Ia mengatakan, "Kebanyakan toko, terutama supermarket-supermarket besar tahu taruhan dalam bisnis ini cukup besar dan mereka ikut dalam permainan tersebut. Selama sebulan penuh buku-buku akan dipajang di rak depan."

Selain itu teknologi pun ikut berperan di bulan suci ini. Misalkan saja para provider telepon genggam melengkapi aplikasinya dengan hal-hal yang berbau religi. Sebut saja aplikasi untuk memberitahu saatnya sholat, lokasi masjid terdekat, dan bahkan sebuah quran online.
Devita Sari - detikFood

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda